Mengapa Aktivitas Fisik Sangat Penting untuk Kesehatan Jantung

ditulis oleh Kent L. Bradley M.D., MBA, MPH – Vice President, Chief Health and Nutrition Officer, Herbalife

 

(Sumber: https://iamherbalifenutrition.com/health-and-wellness/heart-healthy-flavanols-cocoa-tea/

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 1,13 miliar orang di seluruh dunia menderita hipertensi, dan hanya sekitar 1 dari 4 orang memiliki hipertensi yang terkontrol. Tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang serius karena hal tersebut meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan masalah-masalah kesehatan lainnya.

Menerapkan pola makan dengan nutrisi seimbang dan melakukan aktivitas fisik secara teratur sangat direkomendasikan untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan tekanan darah tetap rendah. Flavanol, yang merupakan senyawa alamiah yang dapat ditemukan pada tumbuh-tumbuhan, juga dapat mendukung kesehatan kardiovaskuler.

 

Apa Itu Flavanol dan Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Jantung?

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayur, Anda akan memperoleh berbagai manfaat kesehatan jantung yang sebagian di antaranya adalah karena flavanol. Flavanol kaya dengan antioksidan yang membantu menangani inflamasi, yang berkontribusi mencegah penyakit-penyakit kardiovaskuler.

 

Berikut ini adalah beberapa cara lainnya di mana flavanol mendukung kesehatan jantung:

 

1. Flavanol dapat menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi baru-baru ini menganalisa pola makan dari lebih dari 25.000 orang dan membandingkan apa yang mereka makan dengan tekanan darah mereka. Para ilmuwan menemukan adanya perbedaan tekanan darah sebesar 2 hingga 4 mmHg (unit pengukur tekanan dalam pembuluh darah) di antara orang-orang yang berada pada 10% konsumsi flavanol terendah dan orang-orang dengan 10 persen konsumsi flavanol tertinggi. Statistik ini dapat diartikan adanya perbedaan yang signifikan dalam tekanan darah pada orang-orang yang mengikuti kebiasaan makan dengan pola Pendekatan Pola Makan untuk Menghentikan Hipertensi (Dietary Approaches to Stop Hypertension / DASH).

 

2. Flavanol mendukung produksi Nitrit Oksida.

 Efek flavanol yang dapat menurunkan tekanan darah juga terkait dengan peningkatan Nitrit Oksida (Nitric Oxide). Nitrit Oksida adalah regulator biologis yang melindungi sistem kardiovaskuler kita dari kerusakan dan penuaan. Hal tersebut bertujuan untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan hal tersebut utamanya dicapai dengan menjaga elastisitas arteri. Nitrit Oksida yang tersedia secara cukup dapat dihubungkan dengan vasodilasi yang normal dan tekanan darah yang sehat.

 

3. Flavanol dapat meningkatkan fungsi arteri.

Seiring dengan penuaan diri, arteri kita kehilangan fleksibilitas dan menjadi kurang mampu untuk melebar agar aliran dan sirkulasi darah tetap normal. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko hipertensi. Dua studi yang dimuat di jurnal Age dan British Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi flavanol selama 4 minggu meningkatkan vasodilasi yang dimediasi oleh aliran (flow-mediated vasodilation / FMV) secara signfikan sebesar 21 persen. FMV yang meningkat adalah tanda meningkatnya fungsi endotel dan juga terkait dengan menurunnya resiko penyakit kardiovaskuler. Lebih lanjut, mengonsumsi flavanol juga meningkatkan profil kolesterol darah, yang menurunkan resiko tersumbatnya arteri.

 

Makanan Apa Saja yang Kaya Flavanol?

 

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat flavanol, di mana Anda dapat memperolehnya? Berita baiknya adalah Anda dapat dengan sangat mudah menemukan zat yang sangat bermanfaat ini, karena flavanol terkandung dalam beberapa makanan, antara lain buah beri, kakao (dark chocolate), kubis, dan teh. Mari kita bahas dua di antaranya, yaitu: kakao dan teh.

 

Flavanol dari Kakao

Untuk mendapatkan manfaat dari flavanol yang terkandung dalam kakao, Badan Keamanan Makanan Eropa merekomendasikan flavanol kakao untuk dikonsumsi setiap hari dari sumber-sumber seperti bubuk kakao (2,5 g), dark chocolate (10 g), dan/atau ekstrak kakao (200 mg).

Tentu saja, ketika memilih cara untuk mengonsumsi flavanol kakao untuk meningkatkan kesehatan jantung, penting untuk memaksimalkan manfaat ini dan menghindari lemak dan gula berlebih yang dapat ditemukan di produk-produk cokelat.

 

Flavanol dari Teh

Seperti halnya kakao, teh (baik hijau, oolong, maupun hitam) kaya dengan flavanol. Studi menunjukkan bahwa meminum teh hijau atau teh hitam dapat memiliki manfaat yang baik terhadap tekanan darah pada orang-orang dengan kisaran pra-hipertensi dan hipertensi. Lebih lanjut, konsumsi teh yang meningkat juga terkait dengan penurunan risiko diabetes, yang berkontribusi terhadap penyakit jantung dan stroke. Selain itu, bahan-bahan yang terkandung dalam teh juga dapat membantu memperbaiki kolesterol.

Kami terus meneliti cara-cara baru untuk menggunakan flavanol dari kakao dan teh untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan memformulasikan jumlah yang efektif dan aman dari ekstrak kepada makanan fungsional, minuman, dan suplemen. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa tidak ada yang boleh menggantikan konsumsi teh atau kakao dengan kebiasaan pola makan dan olahraga yang telah dipahami dengan baik dapat meningkatkan kesehatan jantung.