Jika semua orang memahami pentingnya kesehatan pencernaan terhadap tubuh, pasti mereka akan berusaha menjaganya setiap hari. Sistem pencernaan memiliki tugas yang besar seperti memecah bahan makanan menjadi nutrisi dan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sistem pencernaan juga membuang sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Bahkan, saluran pencernaan juga berperan mendukung sistem kekebalan tubuh karena membantu menjaga tubuh dari bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan Anda sakit.

Kunci Utama agar Pencernaan tetap Sehat

1. Mengonsumsi Serat dan Cairan yang Cukup

Kebanyakan orang berpikir bahwa serat hanya berfungsi memperlancar pergerakan makanan di dalam saluran cerna. Namun tidak semua serat berfungsi demikian. Ada dua jenis serat yakni serat tidak larut air dan serat larut air yang keduanya bermanfaat untuk mendukung pencernaan tetap sehat namun dengan cara yang berbeda.

Serat tidak larut air tidak dipecah oleh tubuh namun berfungsi menyerap cairan di pencernaan. Tipe serat ini banyak ditemukan di dalam sayuran, kulit serealia, dan sebagian besar gandum utuh. Serat tidak larut air berfungsi memperlancar pergerakan sisa metabolisme di dalam sistem pencernaan Anda.

Serat tidak larut air, yang biasanya banyak terdapat di dalam buah apel, jeruk, oatmeal, barley, dan kacang buncis, akan menggembung ketika bertemu dengan air. Sehingga, ketika dikonsumsi, makanan tersebut akan membuat area di dalam pencernaan agak berair dan membantu memberi rasa kenyang. Manfaat lain dari serat larut air adalah fungsinya sebagai probiotik yang berperan untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan Anda.

Bakteri baik di dalam saluran pencernaan membantu tubuh memecah nutrisi dari makanan, membantu memproduksi vitamin tertentu, serta melindungi kesehatan pencernaan dari serangan zat asing. Ekosistem kecil yang menetap di dalam perut Anda ini menjadi bukti bahwa Gut Microbiome juga memengaruhi berat badan, daya ingat, dan mood juga. Sehingga, penting untuk menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik dari makanan sumber serat larut air.

Anda dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dan Gut Microbiome secara langsung dengan menyediakan probiotik dari makanan tertentu. Makanan fermentasi seperti yogurt, kefir, acar, pasta miso, dan biji zaitun merupakan sumber alami probiotik yang bermanfaat.

2. Berolahraga dan Mengurangi Stres

Berolahraga rutin juga mendukung kesehatan pencernaan dalam beberapa aspek. Saat otot berkontraksi dan Anda bernapas lebih dalam, kontraksi alami pada otot halus di usus halus juga terjadi sehingga membantu memperlancar pergerakan makanan dalam sistem pencernaan Anda. Olahraga juga dapat menjadi penghilang stres karena membantu mengurangi hal negatif pada saluran cerna akibat emosi negatif pada otak.

Pola makan dan gaya hidup yang sehat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan mendukung kesehatan pencernaan juga. Menerapkan pola makan sehat seperti mengonsumsi serat dari buah-buahan dan sayuran berwarna-warni serta gandum utuh, hidrasi yang cukup, dan berolahraga secara rutin adalah kunci untuk mendukung pencernaan tetap sehat. Nikmati setiap waktu makan dan Anda akan lebih rileks serta terhindar dari makan yang berlebihan.