Tidak dapat dipungkiri, penuaan tidak dapat kita hindari. Semakin bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan tidak hanya terlihat dari luar namun juga dari dalam. Anda bisa merasakan tulang yang semakin rapuh, penglihatan yang menurun, dan sendi yang semakin pegal-pegal namun Anda tidak merasakan perubahan langsung pada jantung Anda.

Salah satu organ terpenting dalam sistem kardiovaskular adalah endotelium yang melapisi pembuluh darah Anda dan berfungsi memproduksi Nitric Oxide. Semakin endotelium menua, produksi Nitric Oxide juga semakin menurun. Penurunan ini sebenarnya hal yang wajar, namun Nitric Oxide yang sehat akan mempertahankan aliran darah tetap normal. Sehingga, selalu jaga kesehatan dan pastikan endotelium Anda tetap sehat.

5 Langkah Mudah untuk Mendukun Endotelium tetap Sehat

 

  1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition (AJCN) menunjukkan bahwa pola makan yang mengutamakan konsumsi lemak sehat, buah-buahan segar, sayur-sayuran, ikan, rempah-rempah, dan gandum utuh mendukung fungsi endotelium tetap sehat.

  1. Sering Berolahraga

 

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan total 150 menit olahraga setiap minggu. Jika Anda bisa berolahraga lebih dari itu, lebih baik! Lebih banyak gerakan berarti lebih banyak dukungan terhadap sel endotelium Anda.

  1. Konsumsi Suplemen

Suplemen seperti L-arginine, L-citrulline, CoQ10, Krill Oil, Omega-3 EPA dan DHA, serta bawang putih mendukung produksi Nitrix Oxide dan menjaga sel endotelium tetap sehat.

  1. Tertawa Lebih Sering

Penelitian yang dirilis oleh Scientific Session of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa tertawa bisa menyebabkan endotelium melebar sehingga dapat meningkatkan aliran darah.

  1. Tidur Nyenyak

Tidur dan istirahat cukup merupakan aktivitas yang produktif bagi tubuh khususnya sel endotelium. Tidur minimal 8 jam sehari sangat direkomendasikan karena dapat memberikan sel-sel endotelium kesempatan untuk regenerasi dan pulih.